Dalam dunia jual beli online yang saat ini marak dengan semakin banyak pelaku usaha yang bergerak menggeluti hal ini ternyata tidak serta merta dibarengi ilmu pengetahuan tentang trik dan tips untuk berjualan online. Lho, memag ada ilmunya ?, ada dan satu di antaranya adalah persona branding yang akan diulas di sini.
Sebelumnya kita akan mengulas cara meyakinkan calon pembeli dengan store branding. Tentunya masih ingat mengapa persona branding penting ?, ini alasan alasannya.
1. Pembeli online biasanya selain karena produk, akan mempertimbangkan siapa penjualnya.
2. Pembeli online biasanya mempertimbangkan beli di toko online mana.
3. Pembeli online tidak mudah percaya kalau tidak ada trust dari si penjual dan tokonya.
4. Pembeli online tidak mudah berujung closing kalau si penjual tidak begitu dikenal.
5. Closing di jualan online biasanya lebih sering terjadi karena ada hubungan antara pembeli maupun penjual.
Nah kalau berikutnya: Kenapa store branding penting?. Ini dia alasannya:
1. Pembeli online biasanya butuh informasi yang jelas.
2. Mereka ingin kepastian dari penjualnya.
3. Jualan berujung closing kalau ada trust dari mereknya.
4. Mereka butuh bukti nyata, biasanya visual dari produk yang akan dibeli.
5. Calon pembeli lebih percaya degan penjual yang serius jualannya, bukan abal abal.
Lihat perbedaan diatas.
Kebayangkan, kedua hal diatas penting.
Personal Branding + Store Branding perlu dikombinasikan menjadi satu hal penting agar lebih mudah closing. Apa tujuannya?, tujuan utamanya adalah TRUST – alias si calon pembeli yakin dengan kita. Ingat tanpa TRUST bakal susah terjadi TRANSAKSI. Transaksi adalah hasil dari trust antara si pembeli dan penjual.
Bagaimana Meyakinkan Calon Pembeli dengan Store Branding.
Berikut ini adalah beberapa hal praktis yang teman teman bisa lakukan.
Kami rangkum dalam 11 Hal Praktis Meyakinkan Calon Pembeli
1. Miliki nama toko.
2. Buat website.
3. Buat profil tokonya.
4. Kalau offline, gunakan visual display.
5. Posting status apa yang Anda jual.
6. Posting status jika ada yang beli.
7. Infokan jika barang sudah diterima.
8. Posting status hasil transferan – di kolam.
9. Ceritakan proses pembuatan produknya.
10. Infokan berapa total pembeli produk Anda.
11. Infokan proses pengiriman barang.
Teknik diatas adalah 11 cara bagamana dengan store branding bisa meyakinkan calon pembeli.
1. Miliki nama toko.
Bagi sebagian penjual online, mereka tidak masalah kalau tidak punya nama toko. Tapi tahukah Anda, pebisnis online yg jualannya besar dan goalnya jangka panjang, mereka membuat nama toko. Nama toko ini penting terutama untuk jangka panjang. Bahasa keren dari nama toko ini nantinya akan menjadi brand yang akan selalu diingat oleh pembeli dan calon pembeli anda. Oleh sebab itu tentukan nama toko anda sekarang. Entah itu toko offline maupun toko online.
2. Buat website.
Teknik ini penting terutama untuk pebisnis online. Keberadaan website memang tidak menjamin Anda bisa cepat closing, tapi website adalah HAL KUNCI kalau Anda ingin memperoleh kepercayaan calon pembeli. Jadi kedepannya mereka tidak beli ke anda, mereka beli langsung ke web anda. Oleh sebab itu website penting. Cari yang mudah dan instan, ga usah yg ribet. Banyak kok yang murah dan lengkap + gampang buatnya. Fokusnya bukan siapa penyedia jasa webnya, fokuslah anda harus punya website. Web akan jadi identitas toko Anda, karena web nantinya akan mempercepat TRUST calon pembeli ke anda. Artinya anda bukan penjual abal-abal.
3. Buat profil tokonya.
Nah bagi yang sudah punya toko, langkah berikutnya adalah buatlah profil toko anda. Misal didirikan kapan, toko ini jual produk apa, berapa produk yang sudah djual, sudah berapa klien yang sudah dilayani. Intinya profil ini ketika ada calon pembeli yang baca jadi lebih kebangun TRUSTnya.
4. Kalau offline, gunakan visual display.
Kalo Anda berjualan offline, usahakan punya desain visual toko yang menarik, infokan nama toko, gambar, produk dan desain yang representatif dan jangan cenderung norak. Intinya kalau anda jualan offline, toko anda dan display produk anda sangat menentukan TRUST dari si calon pembeli
Gimana si pembeli yakin dan akan beli kalo anda tidak serius membangun toko Anda.
5. Posting Status Apa yang Anda jual.
Ini teknik sederhana yang bisa anda gunakan ketika anda bermain media sosial, anda tinggal posting produk yang anda jual. Tapi konsepnya bukan jualan ya, cuma cerita anda berjualan apa. Tujuannya agar orang tahu bahwa anda memang menjual produk tersebut.
Konsep ini adalah awal membangun TRUST – yaitu awareness – orang tahu.
6. Posting Status Jika ada yang beli.
Nah setelah anda posting hal diatas dan tiba-tiba ada yg beli, langkah berikutnya adalah posting bahwa produk anda ada yg beli. Misalnya seperti ini:
“Wah ga nyangka pagi ini ketiban rezeki ada yg beli produk a bla bla bla”.
Atau seperti ini :
“Alhamdulillah minggu ini ada beberapa pembeli yg kontak langsung ke no ... untuk beli produk ini”.
7. Infokan jika barang sudah diterima.
Nah langkah berikutnya adalah infokan hal sederhana, yaitu info kalau barang sudah nyampe ke konsumen. Minta ke konsumen posting kalau barang sudah sampe. Tujuannya: adalah membangun TRUST bahwa anda penjual yg recommended. Ini cara sederhana tapi powerful untuk meyakinkan calon pembeli ketika calon prospek masih ragu dengan anda.
8. Posting Status hasil transferan.
Ini bisa dilakukan dengan tujuan untuk memberi pembuktian bahwa memang ada closing dari produk anda. Tidak perlu sering cukup sesekali saja. Konsepnya jangan pamer, tapi konsepnya posting rasa syukur ada transferan. Lihat deh efeknya dalam jangka panjang, brand authority anda kebangun. Ini bahasa simple dari brand trust anda terbangun.
9. Ceritakan proses pembuatan produknya / jasanya.
Proses pembuatan produk juga bisa menjadi salah satu teknik untnk meyakinkan calon pembeli. Caranya sederhana tinggal posting proses pembuatan produk atau jalannya jasa yang anda lakukan. Ini sederhana tapi powerful untuk meyakinkan calon pembeli.
10. Infokan berapa total pembeli produk anda.
Tahu teknik social proof? Ini salah satu tekniknya, ini konsep dari info pembuktian berapa jumlah closing yg pernah Anda hasilkan, tujuannya ingin menginfokan bahwa ada banyak pembeli yang membeli produk dari anda.
11. Infokan proses pengiriman barang.
Nahh cara ini penting banget buat pebisnis online. Karena kalau pebisnis offline mungkin lebih mudah mendapatkan trust dari calon pembeli. Tapi klo pebisnis online yg belum bisa dirasakan barangnya, perlu teknik untuk bisa meyakinkan calon pembeli. Nah teknik bisa dilakukan, yaitu menginfokan proses pengiriman barang. Mulai dari packing hingga pengiriman ke kurir. Tujuannya sederhana, agar calon pembeli yakin dengan Anda.
Pertanyaan selanjutnya adalah bener gak sih, jaman now tuh apa apa serba internetan.
Cari kebutuhan apapun di online, belanja di online, cari kerja juga di online.. Bahkan ketemu jodoh pun di online. Kok bisa gitu ya.?? Ternyataaa..... Tahukah anda bahwa, ratusan juta orang online setiap harinya, apakah untuk menggunakan email, chatting, mencari informasi, membeli produk di toko online, atau hanya hiburan semata. Dan jika anda menawarkan suatu produk, maka sudah lazim orang berkata,
“Perusahaan apa itu, alamat websitenya mana?”
”Saya mau belanja produk anu, ada rekomendasi web nya gak ya.? ”
”Bagus ya produknya, saya pengen lihat di internet.”
Nah kalau sudah gitu, pertanyaan nya sekarang, pentingkah website untuk bisnis dan usaha anda.???.
Mengapa harus memiliki website.?? Ternyata ini alasan nya...
1. Sebuah situs web dapat diakses dari seluruh dunia sehingga dapat dilihat oleh calon konsumen dalam 24 jam × 7 hari – 365 hari setahun.. Akhir Pekan, Liburan, dan sebagainya, ini memastikan bahwa Anda tidak akan kehilangan penjualan!.
2. Meningkatkan image bisnis Anda. Tampilan desain web yang baik adalah cara yang baik untuk menanamkan kepercayaan dimata pelanggan/calon pelanggan dan dapat meningkatkan penjualan dan keuntungan.
3. Anda dapat membuat up-to-date informasi produk tersedia bagi pelanggan di seluruh dunia, sepanjang waktu. Dengan website akan lebih mudah, murah dan cepat untuk memperbarui daripada dicetak brosur dan daftar harga atau katalog, dan website kapasitasnya hampir tak terbatas, sehingga Anda dapat memberikan informasi yang lebih komprehensif. Anda dapat menghemat uang untuk biaya pencetakan brosur dan juga distribusi.
4. Gunakan Web untuk memperluas pasar Anda. Jika Anda ingin perdagangan internasional, atau bahkan nasional, dan pelanggan Anda memiliki akses ke Internet, Web memungkinkan biaya yang paling efektif untuk melakukannya.
5. Mengumpulkan informasi tentang pelanggan Anda biaya minimal – menggunakan online survei atau lalu lintas hanya menganalisis informasi yang dikumpulkan oleh server web Anda dapat memberikan informasi berharga tentang siapa pelanggan online Anda dan apa yang mereka inginkan.
6. Dengan mempunyai website, anda berada selangkah di depan para competitor anda yang belum memilikinya. Segera onlinekan website anda sebagai yang pertama!.
7. Memberikan informasi pribadi kepada setiap pelanggan berdasarkan minat mereka. Tidak ada media lain yang memungkinkan Anda untuk melakukan hal ini begitu murah. Website anda dapat menambahkan nilai dengan memberikan sesuatu yang ekstra bagi pelanggan Anda.
Bayangkan saja, ketika anda mempromosikan bisnis/ usaha/ produk pada website anda, lalu di lihat oleh semua orang.. Bahkan hingga luar negri.
Yang lagi ngetren dan benar-benar terbukti ampuh untuk mendongkrak penjualan adalah dengan membuat sebuah LANDING PAGE. Landing Page adalah suatu halaman website yang pertama kali dilunjungi oleh pengunjung anda, bisa di halaman utama website, bisa di halaman lain yang merupakan halaman pertama yang dikunjungi dari sumber lain seperti iklan online atau iklan social media. Menjual sebuah produk tanpa landing page tidak akan efektif dan tidak memberikan konversi yang besar terhadap sales atau penjualan produk anda.. Karena Landing page merupakan pintu masuk menuju website Anda, merubah pengunjung menjadi prospek bahkan menjadi customer. BTW, mengapa harus menggunakan landing page.??
1. Menghasilkan Lead
Landing page bisa membantu Anda dalam menargetkan pemirsa dan dapat juga digunakan untuk mengarahkan pemirsa ke halaman sasaran yang cocok bagi mereka. Landing page bekerja lebih baik daripada halaman yang sebenarnya. Menuliskannya secara singkat tetapi dapat dimengerti dan membuat pembacanya tertarik dengan menambahkan beberapa testimonial dan beberapa grafis yang menarik serta keren untuk membuat halaman Anda terlihat menarik jika Anda ingin menjual sebuah produk.
2. Langsung tepat sasaran, tertuju langsung
Jika anda melihat atau membaca sebuah informasi di website, anda akan menemukan komentar, link2 atau info lain yang membuat anda ingin beralih ke hal2 lain tersebut.
3. Mudah Dipahami
Jika anda memiliki landing page, maka anda dengan mudahnya mendapatkan info mengenai statistik, tingkat klik dan info apa saja perilaku pengguna yg dilakukannya pada halaman anda tersebut.. Dan anda dengan mudah juga untuk mengatur pembaharuan pada landing page anda agar lebih menarik.
4. Iklan Jadi Lebih Murah
Anda sering menggunakan jasa iklan seperti adwords atau fb ads.?
Nah anda bisa menargetkan iklan anda untuk klik menuju landing page anda, dengan kualitas yang lebih baik, mencetak lebih murah biaya iklan anda per klik.
Ada 8 elemen yang harus ada dalam sebuah landing page.
1. Judul
2. Penawaran
3. Bonus
4. Testimony
5. Jaminan
6. Alasan
7. Call to action
8. Catatan
Nah demikian, panjang ya. Ga masalah selama kita memang berniat untuk berjualan via online. Jika mau jualan mukena, silahkan pantengin Fb Fathiya untuk mengetahui aktifitas jual beli kami. Atau silahkan langsung hubungi costumer service di WA 085846009249 untuk mendapatkan pelayan terbaik dari kami.
Comments
Post a Comment