Apa Siapa Bagaimana Facebook Membantu Kita Berjualan

Ada yang pernah bertanya-tanya tentang ini?
Ada yang tahu ga tujuan awalnya Facebook dibuat?
Sebelum kita masuk ke materi teknis, Saya ingin temen temen paham dulu, sebenarnya apa tujuan Facebook ini dibuat oleh Om Mark?


Iklaaaaaaaaaaaannn dulu.... 
WA 085846009249.

Facebook “dilahirkan” tahun 2004 Oleh Mark dan kawan sekamarnya, Eduardo Saverin, Andrew McCollum, Dustin Moskovitz, dan Chris Hughes. Tadinya Facebook cuma dibuat untuk keanggotaan mahasiswa Harvard aja, sampai selanjutnya meluas ke sekolah menengah, dan akhirnya dibuka untuk semua orang dengan minimal umur 13 tahun. Januari 2009, Facebook dinobatkan oleh compete.com sebagai “Jejaring Sosial” yang paling banyak digunakan menurut jumlah aktif pengguna bulanan di seluruh dunia.Yang sekarang pun pasti teman2 sudah kenal banyak fitur dari Facebook. Mulai dari membuat profil Facebook dengan informasi-informasi pribadi, update status rutinitas keseharian, join grup-grup untuk belajar, bahkan _stalking mantan, hehe.. _
Dari point simpel di atas, kita bisa simpulkan..
Facebook adalah media dimana kita bisa dengan sangat mudah terhubung dengan banyak orang yang terdaftar di Facebook untuk saling berkomunikasi tanpa terbatas oleh jarak dan waktu. Media yang memang ditujukan untuk mengkoneksikan satu orang dengan yang lainnya, baik di suatu daerah, bahkan seluruh dunia. 
Ucapin terima kasih atuh ke Om Mark.

Fakta Fakta Facebook.
Kalau kita bicara soalnya Facebook, maka kita gak bisa terlepas dari pencapaian Facebook selama ini, hingga detik ini.
1. Facebook dibuat oleh Mark Zuckerberg di tahun 2004. Dan dulu namanya adalah thefacebook.com. Dulu website ini cuma bisa diakses sama murid-murid Universitas Harvard 
2. Sekarang ini Facebook udah jadi situs yang paling sering dikunjungi dan menempati peringkat kedua setelah Google.
3. Tersedia 70 bahasa berbeda yang tersedia di Facebook.
4. Rata-rata pengguna menghabiskan waktu selama 40 menit untuk bermain Facebook.
5. Setiap 20 menit, 1 juta link dibagikan di Facebook, 2 juta permintaan pertemanan dikirim, dan 3 juta pesan dikirim di Facebook.
6. Setiap menit ada sekitar 1,8 juta Like yang di-klik.
7. Pengguna smartphone mengecek akun Facebook seenggaknya 14 kali dalam sehari. 
8. Facebook bisa melacak situs apa saja yang kita kunjungi meski kita sudah log out. 
9. Gak semua akun Facebook itu asli, 8.7% nya itu palsu. Mungkin termasuk akun klonengan temen temen juga.

Kenapa Saya perlu kasih tau fakta-fakta Facebook ini? 
Bukannya di google juga banyak dan bisa dilihat kapan saja? 
Yakin? 
Beneran? 
Temen temen bakal buka data-data kayak gini? 
Kelihatannya memang sepele, tapi justru dari data lah kita bisa mengukur suatu hasil. 
Di pembahasan Facebook Ads nanti kita juga bakal banyak bicara tentang data. Karena lewat data inilah kita bisa mengevaluasi apakah kinerja Facebook Marketing sudah maksimal dan optimal atau belum. 

“Hanya Sesuatu Yang Bisa Diukur Yang Bisa Kita Tingkatkan”

#Facebook Sebagai Media Yang Tepat Untuk Jualan
Ada 88.000.000 pengguna aktif Facebook dan didominasi remaja umur 18-24 tahun. 
Dari demografi di atas berdasarkan gender, lebih banyak kaum pria dibanding perempuan yang menggunakan Facebook. Dengan pengguna Facebook sebanyak itu, mudah untuk kita mencari market. Bukan sekedar market biasa, tapi market yang tertarget.
Balik lagi ke tujuan awal Facebook dibuat adalah sebagai “Media Sosial” bukan “Media jualan”. 

“Jadi Facebook gak tepat buat jualan donk?” 
Justru sangat tepat banget, asal tau caranya. 

Karena Facebook sudah menyiapkan fitur khusus untuk kita kalau mau berjualan. 
Yes, Facebook Advertising, atau yang bisa kita kenal dengan singkatan FB ADS. 

Selain menggunakan FB Ads yang berbayar, kita bisa pakai cara-cara gratisan lainnya. 
Dengan cara apa? 
Bangun PERSONAL BRANDING.

#Potensi Facebook Untuk Bisnis Anda
Penutup di sesi pertama ini, Saya jabarkan potensi besar Facebook untuk meningkatkan bisnis temen temen. Tapi Saya ga akan berlama-lama, karena Saya ingin temen2 segera action setelah sharing2 ini selesai.
Dari data yang sudah kita lihat di atas tadi, jelas potensi untuk jualan di Facebook sangat lah besar. 
Apalagi, orang-orang di Facebook sekarang juga tidak hanya memanfaatkan FB untuk berinteraksi saja, tapi banyak juga yang mencari kebutuhannya, paling di Grup atau Forum Jual Beli. 

Kita mulai membangun PERSONAL BRANDING, KOLAM DATABASE, FUNNELING, dan merubah TRAFFIC jadi CONVERTION. 

Tujuan kita memakai Facebook Marketing ada 3 : 
1. SALES 
2. DATABASE 
3. BRANDING

Facebook sangat lah komplit, dan mereka terus melakukan perbaikan dan upgrade demi kemudahan para penggunannya.
Pertama, 
Kalau tujuan kita adalah SALES, kita bisa memanfaatkan Facebook Ads. 
Karena memang FB Ads yang punya potensi paling besar untuk Make Money. 
Kedua, 
Jika tujuan kita adalah DATABASE, maka manfaatkan Fanspage dan Grup Facebook. 
Kumpulkan likers dan member grup sebanyak-banyaknya. 
Ketiga, 
Kalau goalnya adalah BRANDING, remake total profil Facebook temen2, sesuai dengan persona temen2 (Kalau temen temen  tidak tau apa itu Persona, nanti Saya jelaskan). 
Ubah personal temen temen, jangan lagi alay atau isi deskripsi profil dengan hal-hal yang tidak penting. 

Tapi kita tidak boleh hanya memikirkan salah satunya saja, Think All. Tujuan kita di Facebook Marketing ya ketiganya, baik Sales, Database, dan Branding, karena semuanya saling berkaitan.

Ah, 
Facebook oh Facebook... 
Bagaikan sebuah pisau, apa fungsinya tergantung siapa yang memegangnya. 
Saya yakin temen2 adalah orang yang punya visi misi kuat untuk terus bertumbuh, dan paham betapa potensialnya Facebook jika digunakan dengan cara yang tepat.

Bersambung ya...
Biar penasaran dan menghubungi 085846009249 untuk order mukena.






Comments